Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Kalimantan Barat Tanggal 18 s/d 24 April 2022

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Kalimantan Barat Tanggal 18 s/d 24 April 2022

Pontianak, 17 April 2022

Diprakirakan cuaca ekstrem berupa hujan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat  pada periode tanggal 18  s.d. 24 April 2022. Cuaca ekstrem diprakirakan terjadi merata di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat, sehingga perlu diwaspadai dampaknya yaitu terjadinya banjir, genangan, tanah longsor, pohon tumbang, dll. Potensi akan terjadinya cuaca ekstrem ini dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer berupa gangguan gelombang atmosfer tropis yang dapat meningkatkan kelembaban udara dan terbentuknya pola sirkulasi angin yang mendukung potensi terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Kalimantan Barat ke depan.


Pasang air laut maksimum di wilayah Pontianak diprakiran terjadi mulai tanggal 22 April 2022 pukul 24.00 WIB dengan ketinggian 1.6 meter. Sedangkan pada wilayah Kendawangan, periode pasang maksimum diprakirakan terjadi mulai tanggal 19 April 2022 dengan ketinggian pasang mencapai 1.6 meter pukul 23.00 WIB s.d. 03.00 WIB. Sehingga lebih perlu mewaspadai potensi terjadinya genangan/banjir di pesisir barat kalbar pada dini hari terutama jika pada saat bersamaan juga terjadi hujan lebat.

Tinggi gelombang diprakirakan juga terjadi peningkatan, pada kategori Menengah yaitu 1.25 sampai 2.5 meter di Laut Natuna Utara, Perairan Utara Kep. Natuna, Perairan barat Kep. Natuna, Perairan Utara Kep. Anambas, Perairan Kep. Subi – Serasan, dan Perairan Kep. Karimata. Namun demikian, perlu di waspadai juga potensi peningkatan tinggi gelombang di Laut dan perairan sebelah barat Kalbar saat terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang selama 1 minggu ke depan.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak  membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :
•  call center 0561 - 721142 ;
•  https://kalbar.bmkg.go.id ;
•  follow Fanspage Facebook dan  Instagram :  @infoBMKGKalbar;
•  atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.
 
 
Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak
 
Nanang Buchori,