Kejadian Angin Kencang di Beberapa Wilayah Kalbar

Pontianak, 13 Mei 2022

 

Berdasarkan pantauan radar cuaca hari ini tanggal 13 Mei 2022 angin kencang lebih dari 25 knot terjadi di beberapa wilayah Kalbar. Hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang diprakirakan mulai terjadi sekitar Pkl. 12.00 WIB di sebagian wilayah Kabupaten Bengkayang dan Landak. Pkl. 13.00 WIB semakin meluas di sebagian wilayah Kabupaten Landak, Kubu Raya, Kayong Utara, dan Perairan sebelah barat Kubu Raya. Mulai pkl. 14.00 WIB hujan dan angin kencang meluas ke sebagian wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak, Kab. Ketapang dan Kab. Sanggau. Awan pada radar cuaca terpantau terus meluas dan membentuk pola squalline yang mengindikasikan hujan disertai angin kencang dalam skala luas hingga pukul 18.00 WIB melewati Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi.

 

Berdasarkan catatan alat pengamatan automatic weather observing system (AWOS) di Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak menunjukkan angin kencang di atas 25 knot terjadi sekitar pukul 14.23 WIB hingga 14.30 WIB dengan kecepatan angin tertinggi yaitu 38 knot atau setara 70 km/jam.

 

Berdasarkan laporan masyarakat, dampak akibat angin kencang ini antara lain :

  1. Kerusakan 7 kios ruko dan 1 rumah bagian atap di Desa Kapur, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya
  2. Tumbangnya Pohon di Jl. Adi Sucipto, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya

 

Diprakirakan kondisi cuaca besok, tanggal 14  Mei 2022 dominan berawan atau tidak hujan, namun perlu diwaspadai kembali pada tanggal 15 - 16 Mei 2022 berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan/atau angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.