Informasi BMKG Pada Kegiatan Hisab Rukyat

Pontianak, 17 Maret 2022

 

Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak hadir menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Acara ini diselenggarakan tanggal 16 – 17 Maret 2022 di Hotel Maestro Kota Pontianak. Peserta Bimbingan Teknis adalah Para Kepala Kantor beserta Kepala Seksi di Kementerian Agama Kabupaten / Kota seluruh kalimantan Barat.

 

Informasi tanda waktu BMKG salah satunya adalah Peta Ketinggian Hilal yang telah tersedia di website https:kalbar.bmkg.go.id bagian gempabumi dan tanda waktu berupa file e-book. Untuk wilayah Kalimantan Barat informasi yang disediakan adalah  berdasarkan koordinat di Masjid Raya Mujahidin Kota Pontianak. Ketinggian Hilal tanggal 01 April 2022 sebagai tanda awal bulan Ramadhan tingginya kurang dari 2°, sehingga hal ini ke depan dapat berpotensi menimbulkan perbedaan penentuan awal bulan Ramadhan.  Sementara Ketinggian Hilal tanggal 01 Mei 2022 sebagai tanda awal bulan Syawal hampir 5°, sehingga diyakini tanggal 02 Mei 2022 nanti sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Informasi tersebut adalah berdasarkan perhitungan / hisab. Keputusan resmi kapan awal masuk bulan Ramadhan atau Syawal berdasarkan sidang Isbat Kementerian Agama Republik Indonesia yang didahului dengan kegiatan rukyat.

 

Untuk mendukung kegiatan rukyat, BMKG menyajikan beberapa informasi antara lain : prakiraan cuaca hingga 7 hari sebelumnya, informasi radar cuaca, informasi satelit cuaca produk water vapor enhanched, dan prakiraan numerik kelembaban udara lapisan atas. Kondisi yang dapat menyulitkan para pengamat saat melakukan rukyat adalah ketika terjadi hujan, atau tutupan awan yang sangat banyak dan tebal. Tutupan awan yang banyak dan tebal dapat diketahui melalui radar cuaca, satelit cuaca water vapor enhanched, dan kelembaban udara pada ketinggian 850 mb hingga 700 mb.