Diseminasi Informasi BMKG Kalimantan Barat Melalui Media Elektronik dan Digital

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio terus meningkatkan diseminasi informasi melalui berbagai media. TVRI Kalimantan Barat dan RRI Pontianak merupakan partner utama media yang menyampaikan informasi BMKG di Kalimantan Barat secara rutin dan secara berkala jika terdapat isu sensitif khususnya tentang hidrometeorologi.

 

Stasiun Meteorologi diundang pada Program Kentongan RRI Pro 1 Pontianak tanggal 15 Maret 2022 Pkl. 16.30 WIB s.d. 17.00 WIB dengan tema “Cuaca Panas Timbulkan Potensi Bencana Kebakaran”. TVRI mengundang pada program Dialog Forum Kalbar tanggal 17 Maret 2022 Pukul 11.00 WIB s.d. 12.00 WIB dengan tema “Lahan Kering Lahan Terbakar”.

 

TVRI Kalbar dan RRI Pontianak merupakan media elektronik dan juga media digital. Siaran TVRI Kalbar yang sudah berubah dari TV Analog menjadi TV Digital mudah diakses dengan kualitas audio dan gambar yang jauh lebih jernih. Selain itu Siaran TVRI Kalbar juga tersedia pada website dan youtube. Siaran RRI Pontianak juga tersedia pada website dan aplikasi android / ios : RRIPlay Go, sehingga siaran tersebut dapat diakses dari mana saja di seluruh dunia secara realtime.

 

Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak menyampaikan informasi rutin dan berkala melalui berbagai media antara lain :

  1. sosial media : Facebook, instagram, twitter dan youtube : Info BMKG Kalbar
  2. Website : https://kalbar.bmkg.go.id
  3. Grup Percakapan whatsapp dan Telegram
  4. Telepon / whatsapp / telegram : 0561-721142 dan 0811-5711-567
  5. Kantor BMKG juga beroperasi 24 jam, 7 hari dalam seminggu.

Ketika akan ada potensi terjadi kondisi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang, yang berpotensi menimbulkan dampak banjir, genangan atau tanah longsor, Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak beberapa hari sebelumnya mengirimkan surat resmi kepada Pemerintah Daerah, Stakeholder, dan Instansi terkait. Informasi tersebut selanjutnya dibuat menjadi narasi yang lebih singkat berupa press release yang diinformasikan kepada Masyarakat dan awak media melalui media-media yang dimiliki Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak.