WASPADAI POTENSI GELOMBANG TINGGI DAN CUACA EKSTREM DI PESISIR KALBAR

WASPADAI POTENSI GELOMBANG TINGGI DAN CUACA EKSTREM DI PESISIR KALBAR

Pontianak, 27 Desember 2018

2 hari terakhir, yaitu tanggal 26 dan 27 Desember 2018 telah terjadi angin kencang dan disertai hujan sedang – lebat di pesisir Kalimantan Barat mulai dari Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Kab. Bengkayang, Kab. Mempawah, Kota Pontianak, Kab. Kubu Raya, Kab. Kayong Utara hingga Kab. Ketapang pada pagi menjelang siang hari. Berdasarkan penginderaan citra radar cuaca, angin kencang dan hujan ini juga terjadi di Kab. Landak dan Kab. Sanggau. Kecepatan angin maksimum tercatat di Kab. Mempawah, Kota Pontianak, dan Kab. Kubu Raya lebih dari 25 knot (45 km/jam).

Diprakirakan hingga tanggal 31 Desember 2018 masih terdapat potensi hujan sedang – lebat yang disertai angin kencang berdurasi singkat di Pesisir Kalimantan Barat. Tinggi gelombang di Perairan Kalbar diprakirakan juga akan cukup tinggi gingga 2,5 meter yaitu mulai Perairan Utara Kep. Anambas, Selat Karimata bagian Selatan, dan Perairan Selatan Kalimantan.  Potensi gelombang tinggi hingga 4,0 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara – Perairan Kep. Natuna. Potensi cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan ini dipicu oleh pertemuan massa udara di Kalimantan Barat serta adanya Pusat tekanan rendah di Laut Natuna.

Pasang air laut diprakirakan sudah mulai menurun. Pasang maksimum terjadi pada tanggal 24 - 27 Desember 2018. Namun seiring diprakirakan masih adanya potensi hujan sedang – lebat di pesisir Kalbar, maka perlu diwaspadai potensi akan terjadinya genangan di pesisir Kalimantan Barat. Bagi para Nelayan tradisional khususnya perlu diwaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter.

Untuk informasi lebih lanjut masyarakat di Kalimantan Barat bisa mengunjungi Kami pada website : http://kalbar.bmkg.go.id , telp. 0561 – 721142 atau bisa mengunjungi kantor UPT BMKG terdekat di Kalimantan Barat.

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak

Erika Mardiyanti, S.Kom., M.Si