Runway Safety Team ke III Tahun 2019 di Bandara Supadio Pontianak

Pada hari ini, Selasa 10 September 2019 bertempat di Ruang Khatulistiwa Meeting Room, lantai -2 Building Adm B-03 Kantor Cabang Bandara Internasional Supadio PT. Angkasa Pura II telah dilaksanakan acara Runway Safety Team yang ke III tahun 2019. Acara ini dipimpin oleh General Manager PT. Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Supadio dengan dihadiri oleh Stakeholder, Maskapai, Airnav, termasuk BMKG.

 

Acara ini terus dilaksanakan setiap triwulannya untuk evaluasi dan perencanaan penanganan potensi hazard ke depan di Bandara Supadio. Pada semester sebelumnya tercatat hanya sedikit saja hazard yang terjadi, sudah menurun hazard yang terjadi dibandingkan tahun sebelumnya. Menjadi catatan adalah karena masih terjadi runway incursion pada semester sebelumnya.

 

Stasiun Meteorologi Kelas I menghadiri acara ini oleh Kepala Seksi Data dan Informasi bersama Tim Forecaster menyampaikan paparan tentang kondisi cuaca, hotspot, iklim dan kualitas udara di Kalimantan Barat saat ini dan Prakiraannya ke depan. Saat ini potensi hujan masih rendah di Kalimantan Barat, jumlah hotspot terpantau sangat signifikan, jarak pandang mendatar menurun di bandara-bandara Kalimantan Barat, serta kualitas udara PM10 yang sudah pada kategori TIDAK SEHAR. Kondisi ini diprakirakan masih akan berlangsung hingga akhir bulan September 2019. Hujan akan merata diprakirakan baru akan turun pada akhir bulan September 2019, sehingga operator atau maskapai diharapkan bisa menyesuaikan tindakan penanggulan demi terlaksananya operasional penerbangan yang aman, lancar, dan efisien.