Penandatanganan Perjanjian Koordinasi Operasional Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak dengan Perum LPPNPI Kantor Cabang Pontianak

Selasa, 18 Februari 2020

Dalam rangka meningkatkan koordinasi dalam operasional pelayanan informasi meteorologi penerbangan, pada hari ini telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Koordinasi Operasional antara  Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak dengan Perum LPPNPI Kantor Cabang Pontianak di ruang rapat Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak. Pihak Pertama diwakili oleh Bapak Wasyudi Zufka, S.SiT sebagai General Manager Perum LPPNPI Kantor Cabang Pontianak, sedangkan dari Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak ditandatangani oleh Ibu Erika Mardiyanti, S.Kom., M.Si., selaku Kepala Stasiun.

Dengan adanya penandatanganan Perjanjian ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan informasi Meteorologi Penerbangan di Bandara Supadio Pontianak. 

Secara spesifik kegiatan penandatanganan ini memiliki tujuan sebagai berikut : 

1. Menetapkan mekanisme koordinasi antara Pihak Kesatu dan Pihak Kedua dalam penyediaan layanan informasi meteorologi penerbangan di Bandar Udara Supadio Pontianak. 

2. Menjamin tersedianya informasi meteorologi penerbangan sesuai standar, akurat, terkini, dan tepat waktu yang diperlukan untuk keselamatan, kelancaran dan efisiensi penerbangan.

Sedangkan ruang Lingkup dari kerja sama ini adalah : Ketentuan penyediaan informasi hasil pengamatan meteorologi penerbangan, Laporan dan observasi pesawat, informasi untuk Operator dan Anggota crew Penerbangan, informasi untuk Air Traffic Services, dan Aeronautical Information Services, Penggunaan Kalibrasi Peralatan serta Ketentuan Penggunaan Sarana Komunikasi untuk Pelayanan Meteorologi Penerbangan.

Pada kesempatan ini juga Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio menyerahkan Buku Aerodrome Climatological Summary Bandar Udara Supadio Pontianak dengan panjang series data 16 Tahun, yaitu mulai tahun 2004 hingga tahun 2019. Diharapkan adanya buku ini bisa menjadi masukan dalam perencanaan kegiatan penerbangan di waktu mendatang.