Pembimbingan Meteorologi Untuk Persiapan Olimpiade Fisika

Pontianak, 17 Juni 2019

 

Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak telah menerima kunjungan dari SMA KRISTEN IMMANUEL PONTIANAK. Kunjungan ini dalam rangka persiapan 2 Siswi dari SMA KRISTEN IMMANUEL PONTIANAK yang akan melaksanakan olimpiade Fisika sekitar tanggal 29 Juni 2019 nanti. 2 Siswi tersebut didampingi oleh Ibu Guru dan Kasidatin Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak selaku pemberi materi / pembimbing.

 

Kegiatan dimulai dengan pengenalan alat-alat pengamatan yang ada di taman alat Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak. Pengenalan mulai dari nama alat, fungsi, cara pengoperasian, dan praktek sekilas. Alat yang dikenalkan mulai dari peralatan manual / konvensional hingga peralatan otomatis / canggih.

 

Setelah mempelajari peralatan pengamatan, berlanjut tentang tata cara pencatatan, pengiriman dan analisis data. Dalam analisis data disampaikan bagaimana data dari beberapa negara dianalisis dalam bentuk garis angin/streamline, isobar, dll. Pada kesempatan ini para siswi diberikan kesempatan untuk mempraktekkan menganalisa streamline dan isobar.

 

Kegiatan ini bukan merupakan kegiatan yang pertama kali antara Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak dan SMA KRISTEN IMMANUEL PONTIANAK. Semoga Para Siswi yang akan berlomba dalam olimpiade nanti bisa memberikan upaya maksimal, sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik. Semoga juga kerjasama dalam bentuk kegiatan serupa bisa berlanjut pada kesempatan selanjutnya.