DIALOG DI TVRI : MEWASPADAI POTENSI CUACA DAN IKLIM TAHUN 2020

Pada hari Jumat 03 Januari 2020 Stamet Supadio Pontianak menghadiri acara dialog di TVRI KALBAR Dalam program Bincang 56 jam 17.00 sd 18.00 WIB dengan tema Waspada Cuaca dan Iklim Tahun 2020. Narasumber dari BMKG yaitu Bapak Sutikno, S.P. selaku Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak, dari BPBD Prov. KALBAR  yaitu Bapak Judan, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Bidang Penanggulangan Kebencanaan dan dari Dinas ESDM Prov. Kalbar. Yaitu Ibu Ir. Susi Juliarti selaku Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah.   

BMKG menyampaikan prakiraan potensi cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi di Kalbar hingga pertengahan bulan Januari 2020, potensi hujan hingga 6 bulan ke depan dan prospek Iklim yang normal Pada Tahun 2020 ini. Himbauan kepada masyarakat yaitu untuk selalu memantau informasi dari BMKG yang selalu update dan semakin mudah didapatkan melalui berbagai media seperti website, sosial media, grup2 percakapan, dll.   

Ibu Ir. Susi Juliarti menyampaikan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya pergerakan tanah di Kalbar, dimana cukup banyak wilayah di Kalbar yang berpotensi terjadi pergerakan tanah dengan kategori menengah hingga tinggi. Potensi gerakan tanah di Kalbar yang dimaksud lebih kepada potensi terjadinya tanah longsor, terutama saat hujan lebat pada wilayah perbukitan, lereng, dan sejenisnya apalagi jika bukit atau lereng tersebut sudah berkurang tutupan pohon-pohonnya.    

Bapak Judan menyampaikan kesiapan BPBD Prov. Kalbar dalam menghadapi potensi bencana alam. Peralatan dan logistik sudah siap, pemetaan Desa rawan bencana sudah ada. Status siaga bencana banjir, putting beliung dan tanah longsor (bantingsor) tahun ini sudah dibuat, sehingga memudahkan BPBD Provinsi dalam melaksanakan bantuan kepada wilayah terdampak bencana