ANALISIS KONDISI CUACA PADA KEJADIAN BANJIR DI KECAMATAN MARAU KABUPATEN KETAPANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT TANGGAL 05 - 06 SEPTEMBER 2018

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Harian Tribun Pontianak, bahwa telah terjadi banjir di Dusun Karangan, Desa Runjai Jaya, Kecamatan Marau Kabupaten Ketapang pada tanggal 05 - 06 September 2018, yang mengakibatkan banjir menggenangi rumah dan beberapa fasilitas umum di Dusun Karangan, Desa Runjai Jaya, Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang. 

Berdasarkan analisa secara global, pada saat kejadian pantauan MJO (Madden Julian Oscillation) sedang aktif di kuadran 8. Hal ini berati bahwa pada saat kejadian faktor MJO tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan awan di wilayah Indonesia, khususnya Kalimantan Barat. Akan tetapi, untuk pantauan Suhu Muka Laut di sekitar perairan Kalbar bagian utara cenderung hangat yaitu berkisar antara 29°C - 30°C sehingga pengaruhnya cukup signifikan pada peningkatan suplai uap air di wilayah Kalbar. 

Berdasarkan faktor skala synoptiknya, data analisis angin gradien pada tanggal 05 September 2018 jam 12.00 UTC dan tanggal 06 September 2018 00.00 UTC menunjukkan terbentuknya daerah belokan angin (Shearline) di Kalimantan Barat. Daerah belokan angin tersebut cukup mendukung dalam pertumbuhan awan-awan konvektif yang dapat menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah di Kalimantan Barat.

Untuk prakiraan cuaca 1 minggu ke depan, wilayah Kalimantan Barat diprediksi masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai guntur/petir dan angin kencang berdurasi singkat.